Sabtu, 26 Maret 2016

PENALARAN DEDUKTIF : TAHAP AWAL, GARUDA INDONESIA LAYANI 6 RUTE DARI BANDARA PONDOK CABE

Tahap Awal, Garuda Indonesia Layani 6 Rute Dari Bandara Pondok Cabe


Direktur Utama PT Garuda Indonesia Arif Wibowo mengatakan, Garuda telah mendapat restu dari Kementerian Perhubungan untuk beroperasi dari bandara Pondok Cabe. Kini pihaknya sedang melakukan pembahasan tripartit dengan Angkasa Pura II dan Pelta / Pertamina.

Menurut Arif, pembukaan rute baru ini akan meningkatkan kapasitas bisnis Garuda. "Akan ada 8 rute yang diberangkatkan Garuda Indonesia dari bandara tersebut. Rute-rute tersebut di antaranya ke wilayah Jawa Tengah, Kalimantan bagian Selatan dan Sumatra bagian Selatan," katanya dalam keterangan tulis, Jakarta, Minggu (27/3).

Menurut sosialisasi kepada warga sekitar bandara, 29 Februari lalu, Garuda akan membuka enam penerbangan. Yaitu menuju Bandar Lampung, Palembang, Pangkalan Bun, Semarang, Yogyakarta, dan Solo pergi-pulang tiap hari.

Arif menjelaskan, pesawat Garuda yang akan digunakan untuk bandara Pondok Cabe nantinya adalah jenis ATR. Pesawat kecil yang selama ini tidak bisa beroperasi di bandara-bandara besar, karena pergerakan di taxi way-nya yang lambat.

Sementara itu, di lapangan terbang Pondok Cabe saat ini sudah dilakukan pembenahan yang signifikan di komplek penerbangan seluas 170 hektar. Di landasan pacu sepanjang 2.000 meter telah dipasang lampu-lampu pendaratan dan marka-marka yang baru, serta lapisan aspal nampak semakin tebal dan mulus. Penunjuk arah angin atau windshock pun terlihat baru.

Menurut Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Wianda Pusponegoro, Bandar Udara Pondok Cabe sedang dalam proses resertifikasi bandara khusus. Selanjutnya akan diproses untuk sertifikasi bandara umum.

Kehadiran bandara Pondok Cabe menjadi bandara komersial umum ini bisa meningkatkan efisiensi dan peningkatan kapasitas bisnis BUMN. Percepatan pertumbuhan ekonomi daerah-daerah adalah target selanjutnya.

Daftar Pustaka:
Novita. 2016. Tahap awal, Garuda Indonesia layani 6 rute dari Bandara Pondok Cabe. http://www.merdeka.com/uang/tahap-awal-garuda-indonesia-layani-6-rute-dari-bandara-pondok-cabe.html. Diunduh tanggal 27 Maret 2016.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar