Minggu, 27 Maret 2016

ANALISIS ARTIKEL : LOKALISASI KALIJODO DIGUSUR JANUARI 2015, PSK TAK DIBERI RUSUN

Lokalisasi Kalijodo Digusur Januari 2015, PSK Tak Diberi Rusun



Analisis Artikel :

1. Penalaran Deduktif:

Pemerintah Provinsi DKI akan menertibkan lokalisasi Kalijodo di Kelurahan Pejagalan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, pada Januari 2015 mendatang (umum). Selain prostitusinya, sejumlah permukiman liar di lokalisasi yang terletak di antara wilayah Jakarta Barat dan Jakarta Utara itu juga akan ikut digusur (khusus).

Penjelasan : Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menggusur tempat prostitusi dan pemukiman liar di kawasan lokalisasi Kalijodo.

2. Penalaran Induktif:

Penertiban itu berdasarkan surat dari Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) bahwa di tempat itu yang merupakan permukiman warga tidak layak untuk lokasi prostitusi (khusus). Sebab, akan berbahaya bagi mental dan pendidikan anak-anak di wilayah tersebut. "Untuk psikologi anak," ucap dia (umum).

Penjelasan : Penertiban dilakukan karena lokasi tidak layak sebagai tempat prostitusi serta dapat membahayakan mental dan pendidikan anak sekitar lokasi.

3. Proposisi:

Penertiban itu berdasarkan surat dari Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) bahwa di tempat itu yang merupakan permukiman warga tidak layak untuk lokasi prostitusi. Sebab, akan berbahaya bagi mental dan pendidikan anak-anak di wilayah tersebut. "Untuk psikologi anak," ucap dia. (fakta).

"Kalijodo kita mau tertibkan. Januari target dibersihin," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov DKI Saefullah di Balaikota Jakarta, Senin (24/11/2014). (bukan fakta).

4. Implikasi:

(P karena Q) : Penertiban itu berdasarkan surat dari Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) bahwa di tempat itu yang merupakan permukiman warga tidak layak untuk lokasi prostitusi. Sebab, akan berbahaya bagi mental dan pendidikan anak-anak di wilayah tersebut. "Untuk psikologi anak," ucap dia.

5. Inferensi:

Kesimpulan yang saya ambil dari artikel tersebut adalah sebaiknya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta lebih cepat melakukan lokalisasi penggusuran kawasan Kalijodo. Karena jika lambat dan dibiarkan akan mengganggu unsur psikologi anak yang tinggal di sekitar lokasi tersebut.


Daftar Pustaka:
Andi. 2014. Lokalisasi Kalijodo Digusur Januari 2015, PSK Tak Diberi Rusun. http://news.liputan6.com/read/2138661/lokalisasi-kalijodo-digusur-januari-2015-psk-tak-diberi-rusun. Diunduh tanggal 27 Maret 2016.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar