Sabtu, 26 Maret 2016

PENALARAN DEDUKTIF : ALASAN BANYAK PERUSAHAAN ASING HENGKANG DARI INDONESIA

Alasan Banyak Perusahaan Asing Hengkang dari Indonesia


Ekonom Indef Dzulfian Syafrian mengemukakan fenomena banyaknya perusahaan asing hengkang dari Indonesia dalam beberapa waktu terakhir ini akibat sejumlah faktor. Salah satunya semakin ketatnya persaingan usaha.

"Mereka kalah bersaing dengan merek-merek lain. Misal Toshiba kalah dengan samsung, Ford kalah dengan mobil-mobil Jepang seperti Toyota atau Honda." Ujarnya, Senin (8/2/2016).

Selanjutnya banyaknya perusahaan asing hengkang dari Indonesia adalah karena mahalnya ongkos produksi. Di era globalisasi seperti saat ini, global supply chain adalah sebuah keniscayaan, hampir tak mungkin dalam memproduksi suatu barang tidak membutuhkan bahan baku impor. "Terlebih dalam konteks Indonesia, konten bahan impor bagi produksi nasional itu sangat tinggi sehingga kita sangat bergantung terhadap impor." Imbuhnya.

Daya beli masyarakat Indonesia yang turun disebabkan perlambatan ekonomi dan kurang kepercayaan (confidence) konsumen terhadap pasar. Konsumen lebih memilih menyimpan uangnya dibanding untuk konsumsi.

Selain itu, dalam konteks Harley Davidson, peningkatan ongkos produksi disebabkan oleh peningkatan pajak impor barang tersebut, seperti pajak barang mewah atas kepemilikan motor ini. Bisnis tersebut menjadi kurang menggiurkan lagi bagi para investor asing.

Hengkangnya perusahaan-perusahaan tersebut merupakan peringatan bagi pemerintah untuk mempercepat perbaikan dan peningkatan iklim investasi serta melakukan bisnis di Tanah Air. "Perusahaan-perusahaan lain akan ikut menyusul angkat kaki dari Indonesia adalah hal yang bisa saja terjadi apabila pemerintah tidak mengubah strategi." Tandas Dzulfian.


Daftar Pustaka:
Dzulfian. 2016. Alasan Banyak Perusahaan Asing Hengkang dari Indonesia. ekbis.sindonews.com/read/1083703/34/alasan-banyak-perusahaan-asing-hengkang-dari-indonesia-1454926538. Diunduh tanggal 27 Maret 2016.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar