Senin, 07 Oktober 2013

Maksud dan Pengertian CAT (Computer Assisted Test)

Computer Asissted Test  (CAT) adalah salah satu metode seleksi atau sistem rekrutmen dengan alat bantu komputer untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar CPNS. Jika biasanya setiap pelamar pegawai negeri sipil akan berhadapan dengan lembar jawaban komputer, maka tahun 2013 ini rencananya tes CPNS sudah memberlakukan sistem CAT. Salah satu wilayah yang akan menerapkan sistem ini adalah Banjarmasin, Kalimantan Selatan.
Maksud Sistem Tes CPNS metode CAT
Tahapan Tes CPNS menggunakan Sistem CAT

Maksud dan Tujuan
-          Mempercepat proses pemeriksaan dan laporan hasil ujian
-          Menciptakan standarisasi hasil ujian secara nasional
-          Menetapkan standar nilai

Kelebihan Penggunaan Sistem CAT
Peserta tes dapat mendaftarkan melalui internet
Peserta tes dapat dinilai langsung sesuai dengan hasil yang diperoleh
Komputer menyediakan keseluruhan materi soal Kompetensi Dasar (Tes Pengetahuan Umum, Tes Bakat Skolastik dan Tes Skala Kematangan)
Penilaian dilakukan secara obyektif
Peserta ujian dapat mengakses dengan mudah terhadap pencapaian hasil (skor) yang diperoleh

Tes CPNS Tahun 2013 ini mengundang sistem Passing Grade, sebagai contoh Passing grade yang ditetapkan untuk peserta kelompok SMA sederajat, nilai minimalnya adalah 25 untuk karakteristik pribadi, 5 untuk intelegensia umum, dan 5 untuk wawasan kebangsaan. Untuk memperoleh nilai tersebut, jawaban yang benar untuk karakteristik pribadi 50, intelegensia umum 10, dan wawasan kebangsaan 10, karena setiap jawaban yang benar nilainya 0,5. “Jadi peserta yang nilainya 59 tidak lulus, karena nilai karakteristik pribadinya hanya 19. Padahal untuk lolos passing grade minimal harus 25,” ujar Kepala Biro Hukum dan Humas Kementerian PAN dan RB Gatot Sugiharto

Sumber : bkn.go.id
Editor : mj

Tidak ada komentar:

Posting Komentar