Jumat, 21 November 2014

CARA MENGECAT DENGAN KOMPRESOR

   Karena mengecat dengan cet kaleng seperti pylok sudah terlalu mainstream, maka saya enggan melakukan pengecatan dengan cet tersebut. Mengapa? Karena di Indonesia macam cet kaleng ternama dan bagus susah ditemui, kebanyakan hanya tipe cet biasa yang ramai ditemui. Padahal sebetulnya tahap pengecatan ada banyak macamnya supaya hasil cet terlihat baik dan tahan lama.

   Pengecatan yang baik dan bisa tahan lama, tergantung dari proses awal bagaimana kita memperlakukan objek dengan telaten serta campuran bahan yang tepat. Kondisi dari objek yang akan digarap juga mempengaruhi bagaimana hasil akhir dari pengecatan tersebut.



   Disini saya akan membagi pengalaman saya tentang cara mengecat menggunakan kompresor. Sedikit bercerita saya tidak mempunyai orang yang mengajarkan teknik pengecatan secara langsung di dunia nyata. Sebelum saya mempunyai pikiran untuk menggunakan kompresor yang seperti digunakan master cet, saya pernah menggunakan cet semprot kaleng yang hasilnya memang tidak seperti yang diharapkan dan memang tidak tahan lama.

   Beberapa tahun berjalan hingga saya penasaran mengapa cet motor mobil pabrikan bisa terlihat sempurna dimata saya dan bisa bertahan lama pula. Sebelumnya saya tidak mempunyai teman yang mengajarkan saya untuk berlatih pengecatan menggunakan kompresor secara tatap muka. Hingga saya menemukan grup di dunia maya yang berisikan tentang dunia airbrush. Jiwa iseng dan keingintahuan pun muncul, disana banyak sharing tentang kegagalan serta kesuksesan dalam proses pengecatan.

   Tiba harinya saya ingin membeli kompresor, dan setelah konsul panjang di grup tentang peralatan dan bahan yang harus dimiliki sebelum memulai pengecatan, alhamdulillah mendapat respon baik dari grup dunia maya tersebut dan dijelaskan satu persatu kelengkapan yang harus ada.

Bahan:

1. Pertama anda harus mempunyai kompresor, untuk pengecatan body bisa menggunakan kompresor diatas mini yang bertekanan angin misal 116 PSI seperti yang saya miliki dan bertenaga listrik.

2.  Selang penghubung antara kompresor dengan spraygun ataupun paintbrush.

        


3. Spraygun. Yaitu alat untuk menampung dan mengatur keluaran bandingan angin dengan cat yang sudah di mix sebelumnya.

4. Paintbrush.  Dalam dunia airbrush sangat penting karena dibutuhkan untuk menggambar atau menulis hingga membuat line / garis dalam pembentukan karya seni.

5. Tentunya kita harus mempunyai objek untuk menuangkan karya seni kita.



6. Amplas. Hal ini sangat berguna untuk menghaluskan atau meratakan permukaan objek yang akan dibuat.

7. Cat. Inti dari dunia pengecatan, akan memberi warna pada objek.

8. Thinner. Banyak macam versi dari thinner, seperti pu, hg, nd, mempunyai tingkat kekerasan yang berbeda dan kualitas berbeda pula. Fungsi thinner itu sendiri untuk pencampuran cet atau bahan sejenisnya sehinggaa dapat mengencerkan karakter cet itu sndiri.

9. PP Primer, Kata orang-orang digunakan untuk lapisan dasar berbahan besi atau babet, supaya tidak mudah mengelotok dan berfungsi seperti lem.


10. Epoxy. Selain berfungsi merekatkan objek dengan cet, epoxy juga berfungsi untuk menutup pori pori body yang masih berantakan, sehingga hasil bisa lebih halus lagi, setelahnya tetap dilakukan proses pengamplasan.

11. Pernish. Ini dia yang ditunggu para pekerja cat, pada tahap ini proses pengecatan ada pada tingkat akhir, tipe pernish ada bersifat basah seperti air atau doff yang memberi efek kalem. Kebanyakan hasil akhir karya ada disini, pada tingkat ini juga yang dibilang memakan biaya banyak, karena harganya yang bervariasi, ada yang bertipe standar hingga hasil yang kelas dunia.

12. Dempul. Ini berguna untuk menutupi sekaligus membuat body baru yang halus, akan menutupi permukaan yang bergelombang.

  Untuk mengecat menggunakan kompresor terbukti ternyata memang susah, jika tidak tahu takarannya, akan membuat anda frustasi dalam mengerjakan langkah yang gagal, tapi memang pengalaman akan membayar semuanya ketika kita mulai serius untuk berlatih dan berlatih.

   Teknik yang ada biasanya seperti keluaran angin dari kompresor, lanjut setingan spraygun, adukan cet dengan thinner, epoxy, proses pengeringan, serta finishing yang ada. Untuk itu saya akan membagi pengalaman saya tentang teknik itu sendiri. Simaklah cara pengecatan dengan cara saya.

  Pertama hidupkan kompresor, pastikan angin dapat menyimpan ditabungnya, perhatikan ada penunjuk tekanan anginnya, sambungkan dengan selang lalu masuk ke spraygun. Saat sudah terpasang seperti ini buka saluran angin dari kompresor, sesuaikan keadaan, biasanya saya  membuka setengah hingga penuh keran putaran yang ada.

   Tekanan angin juga dapat diseting melalui spraygun karena otomatis angin dari kompresor tertahan di spraygun, maka bukaan bisa diatur melalui spraygun. Pembukaan angin biasanya tergantung dari feeling para brusher itu sendiri biasanya di spraygun terdapat nomor pada setingannya, tidak jauh biasa dipakai pada nomor 3-4-5, pengecekan bisa dengan melakukan penyemprotan angin ditelapak tangan dan perasaan supaya feeling dapat terbentuk.

  Dalam spraygun juga ada setingan yang menyatakan proses melancip atau menyebar, ada penomoran juga dan harus dicoba coba untuk menentukan feelingnya, lanjut ke setingan penahan angin di pistolnya juga sangat berpengaruh karena dapat membantu saat ada guncangan dan kaget sehingga angin tidak langsung tertekan dalam yang menyebabkan terlalu banyaknya angin keluar.

   Masuk ke pengadukan epoxi, cat, dan Pernish. Epoxi terdiri dari 2 bahan, ada epoxi nya dan hardener, rata rata menggunakan perbandingan 1:4, artinya hardener 1 dan epoxsi lebih banyak yaitu 4 dan jangan lupa diberi thinner, saya bisasa menggunakannya sama dengan perbandingan epoxi, berarti total perbandingan 1:4:4. Kalau perbandingan cet dengan thinner bisa menggunakan 1:1 atau 1:1,5 , pergunakan sesuai kebutuhan dan selera masing masing. Untuk Pernish, komponnennya ada dua sama seperti epoxy, ada hardener dan Pernish, perbandingannya macam macam , ada berbanding 1:1, ada 1:2 , dan ada 1:4. bahkan ada yang tidak berbanding sekalipun atau tidak menggunakan hardener. perbandingan pernish dengan thinner, usahakan agar Pernish takarannya selalu diatas thinner, karena ini juga untuk mengeluarkan kualitas dari pernish itu sendiri, misal pernish dan tinner menggunakan takaran 1:0,75 atau disamakan saja 1:1, intinya jangan terlalu encer pada tahap lapis pertama, untuk lapis selanjutnya gunakan sesuai keperluan. Pernish berguna sebagai antigores.



Diatas sudah dijelaskan tentang teorinya, sekarang adalah proses pengecatannya.

1. Pertama siapkan objek yang akan di garap, jika terdapat bagian yang bergelombang atau tidak rata, gunakan dempul untuk menutupinya.

2. Bilas bersihkan dan amplas objek dengan menggunakan campuran air sabun, hal ini membantu agar goresan tidak terlalu dalam dan sekaligus membersihkan kotoran yang ada. untuk body kasar, atau sudah terkena dempul, gunakan amplas 400, untuk body bawaan dealer atau cetan yang masih halus gunakan amplas 1000

3. Bilas body yang sudah diamplas tadi menggunakan air bersih lalu lap menggunakan lap bersih hingga kering.

4. Siapkan kompresor dengan spraygun, ambil objek dan semprot objek menggunakan angin. Hal ini ditujukan untuk mengusir air yang dirasa masih tersisa pada objek

5. Siapkan campuran epoxy, lalu semprot kepada objek, ingat sebelum menyemprotkan kepada objek biasakan melakukan tester pada objek lain yang tidak ingin dipakai. kebanyakan Epoxy kering dalam waktu lama, ada kering sentuh seperti 7 jam dan kering total bisa sampai 24 jam atau memakan waktu seharian memang butuh kesabaran dalam proses hasil yang sempurna.

6. Jika epoxy sudah kering, amplas lagi menggunakan air sabun, jika poxy yang anda mainkan tebal gunakan amplas 400 dan dilanjut dengan amplas 1000, tidak usah ditekan, cukup amplas "mengambang". dan bilas lap keringkan.


7. Waktunya naik pewarnaan, aduk campuran cet dengan thinner dan mainkan aksimu. Untuk proses grafis atau ada bagian yang tidak ingin terkena cat, bisa menggunakan isolasi kertas dan banyak koran agar menghemat biaya nya. biasanya cet kering dengan jangkauan waktu 15-60 menit

8. Jika sudah kering, lap objek atau bisa bilas sekalian agar tidak ada kotoran yang menempel, hati hati dalam proses lap, karena rentan terkena gesekan. Kalian bisa langsung menimpanya dengan Pernish, pernish berguna sebagai antigores, maka hal ini sangat penting. lalu tekanan angin pada proses pernish juga sedikit berbeda, angin di seting lebih besar keluar agar prosesnya dapat halus. timpa pernish dengan beberapa tahap bisa sampai 3 tahap cukup, gunakan perbandingan yang berbeda, tahap pertama kental, dan tahap selanjutnya lebih encer agar kehalusan terjamin.

9. Setelah semua terlaksana simpan ditempat yang jauh dari jangkauan debu, biasanya proses pengeringan indoor akan lebih maksimal kilapnya dengan catatan waktu pengeringan bisa bertambah lama. Pengeringan bisa memakan waktu 1 hingga 2 hari untuk kering totalnya tergantung dari cuaca yang ada.

Demikian penjelasan dari saya, oh iya tambahan jika sudah selesai kering dan anda masih kurang puas terhadap beningnya cat anda, bisa melakukan pemolesan menggunakan kompon putih, cara paling gampang menggunakan mesin poles, dan jika menggunakan tangan akan terasa pegal, tapi jika ingin mencoba silahkan dengan proses pemolesan secara berputar dan cepat. Terimakasih.

187 komentar:

  1. Thx posting nya gan.. kbtulan lg pgn blajar ngecat pke kompresor...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sama om, semoga membantu, penjelasan hanya penyesuaian dari pengalaman saja..

      Hapus
  2. Balasan
    1. pin suka gantiganti , sms aja nanti ane kasih pin . 085883219992

      Hapus
    2. Mesin kompresor kulkas yg di gunakan untuk mengecet bodi ukuran berpa bro

      Hapus
  3. bang,,boleh minta rekomendasi jenis kompresor angin yg trjangkau??
    thanks b4

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama.... mohon infonya juga kira2 klo mau beli compressor lebih baik yg kaya gmn?

      Hapus
    2. minimal kompresor yang 3/4 sudah bisa untuk aplikasi spraygun, yang penting punya tabung dan punya alat henti otomatis waktu udah full. tekanan 0.75 hp keatas yaa..

      Hapus
    3. kalo misalkan kompresornya yg ga ada tabung nya tpi hp nya diatas 0.75 apa bagus untuk spraygun and airbrush gan..soalnya ane mw belinya yg gtu..

      Hapus
    4. Nanya dunk gan ini saya rencana mau nge-cat pelek motor saya sbelumnya udah sering di cat sih tp kok ngelupas mulu ya apa mungkin ada efeknya dengan benturan pasir sgala macemnya tp kok pelek yg udah bawaan pabriknya bagus gt.,mohon di bantu gan klo memilih cat yg bagusnya itu merek apa?

      Hapus
    5. Nanya dunk gan ini saya rencana mau nge-cat pelek motor saya sbelumnya udah sering di cat sih tp kok ngelupas mulu ya apa mungkin ada efeknya dengan benturan pasir sgala macemnya tp kok pelek yg udah bawaan pabriknya bagus gt.,mohon di bantu gan klo memilih cat yg bagusnya itu merek apa?

      Hapus
    6. Nanya dunk gan ini saya rencana mau nge-cat pelek motor saya sbelumnya udah sering di cat sih tp kok ngelupas mulu ya apa mungkin ada efeknya dengan benturan pasir sgala macemnya tp kok pelek yg udah bawaan pabriknya bagus gt.,mohon di bantu gan klo memilih cat yg bagusnya itu merek apa?

      Hapus
  4. Min klau kompresor mini dengan kekuatan angin 300/250 psi,bisa ngak dipake buat ngecat.
    Soalnya ga ngerti kita.

    BalasHapus
  5. berguna banget nie gan....manstabs gan...:D

    BalasHapus
  6. berguna banget nie gan....manstabs gan...:D

    BalasHapus
  7. terimakasih artikelnya gan... sering sering share.... :)

    BalasHapus
  8. gan klo buat ngecat mobil sendiri tekanan kompresornya minimal brp hp gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar gak tekor anginnya, minimal 1,5 hp gan, paling recommend 2,5 hp dijamin josss

      Hapus
  9. Apakah untuk nge cat sangkar harus seribet itu?

    BalasHapus
  10. Kenapa klu cat bawaan pabrik klu di caat ulang harus pakai epoxi

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngga perlu, kalau cat bawaan pabrik langsung amplas 1000 saja, langsung cat lalu pernish. epoxy hanya untuk menutupi pori pori saja

      Hapus
  11. Wuih, ini manfaat banget. Jauh manfaat daripada pistingan sara.

    BalasHapus
  12. Sip,mz doni mo tanya kalo kompresor 1/2 hp bsa bagus buat ngecat mobil enggak ea ms doni

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung kekuatan angin sama ngisi cepet ke tabungnya. cet mobil butuh angin banyak ditabung. kalo kelamaan ngisi ya cape, belom selesai harus nunggu angin keisi ditabung

      Hapus
  13. Kalau cara ngeguna'in paintbrush nya gmna mas???

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau udah ada barangnya pasti nanti tau caranya

      Hapus
  14. Bro.. kalo kompresor dgn tekan, 1Hp bisa gak untuk aplikasi spraygun ? terima kasih..

    BalasHapus
  15. Kebetulan saya pake kompresor 1 Hp. Kompresor rakitan dari kulkas & selama ini saya pakai untuk airbrush.. nah rencananya saya mau coba untuk spraygun, bisa ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kompresor kulkas kalo cuma untuk paintbrush

      Hapus
  16. Gan klau epoxy di buat ke kap motor yg sudah di amplas bisa gan??
    Biar cat lebih tahan lama kan gan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. justru sebelum epoxy baiknya amplas 340/400. epoxy kering satu hari lalu amplas lagi pake 400, 800, baru 1000. kondisi ngambang saja pas di 1000

      Hapus
  17. Makasih banget infonya om dhony. Mau nanya dong. Kompresor merek dan type apa ya yang cocok buat pengecetan motor? Mau nyoba ngecat motor nih. Dan kalo boleh tau grup dunia maya yg om dhony sebutkan itu apa ya? Makasih sebelumnya om. Sukses terus!

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1.3jt an dah bisa ngecat. banyak, ada lakoni, nlg, multipro. facebook cari grup komunitas airbrusher indonesia

      Hapus
  18. beli kompresor nya dmna gan,,,n harganya berapa,,,pinginnnnn tuhhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. kompresor aja paling 800-1jt yg kecil. bukan mini. lengkap bisa ngecat biasa 1.3-1.6

      Hapus
  19. sukses selalu gan
    mantap infonya
    http://082312588842.blogspot.com

    BalasHapus
  20. kalau kompresor nya yg hp nya 0.25 atw yg 0.125 apa bisa dpke ke spraygun..dan apa hasilnya bagus apa tidak gan..tolong infonya gan

    BalasHapus
  21. spray gun kecil apakah bisa untuk cat kapasitas banyak?
    trs cara menyetel anginnya bagaimana?
    blz..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua spraygun pasti bisa kapasitas banyak tergantung dari cup nya, ada model kecil dan besar.
      Beda dengan paintbrush yang cuma khusus buat model kecil / bentuk grafis

      Hapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. Ya ampun,,keren ilmunya
    Om,,spray brusnya yg awet,bagus,dana 500 up,,merek apa?
    Klo spray brus di pake buat air brus (gak pake pen brus) bisa gak ya? Cm grafis2 gt,,bkn lukisan

    Trus klo kompresor yg bensin yg merek apaan om,,

    Kepingin ngecet2,,buat hiburan om,, hehe
    Makasih om

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo masih tahap belajar pakr yang biasa aja. Spraygun ada harga dari 100rb an jg dah lumayan buat pemula

      Paintbrush cari yang 200 300an macam meiji

      Grafis pake spraygun bisa tapi ngandelin selotip, pake spraygun tipe f75

      Kompresor terserah, bensin pasti biasanya spek dah cukup

      Hapus
    2. Kalo masih tahap belajar pakr yang biasa aja. Spraygun ada harga dari 100rb an jg dah lumayan buat pemula

      Paintbrush cari yang 200 300an macam meiji

      Grafis pake spraygun bisa tapi ngandelin selotip, pake spraygun tipe f75

      Kompresor terserah, bensin pasti biasanya spek dah cukup

      Hapus
    3. Hhmmmm,,,,siaaapppp om
      Sy tkutnya gak awet om,,klo yg 100rban
      Soalnya rencana buat cat motor n cat pintu garasi rumah,,mgkin bnyak yg mau sy cat,,
      Mkanya kpingin yg awet gitu om,,hehewww,,,kira2 merek apa lah paint brus yg oke,,bajet 500rb

      Iya om,,td sore tanya tukang cat,,ktanya mnding bli spraygun n pengun
      Klo grafis enak pke pengun gt

      Klo kompresor,,kyknya mau kredit aja om,,

      Oia,,ada kumpulan2 gak sih buat pemula gini om,,hehe

      Hapus
  24. mantap gan..

    klo maksudnya di amplas dgn cairan sabun itu gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat ember, campur sabun. Jadi ngamplasnya pake air sabun. Celup amplas ke itu air. Terus amplas bodynya.

      Hapus
  25. mas dhony , boleh minta pin atau nomer nya ? saya ngecat gagal terus -_-

    BalasHapus
  26. Mas Dhony salam kenal saya Edi, pemula dan pengen banyak belajar ngecat menggunakan spraygun dan paintbrush.

    BalasHapus
  27. Mas dhony slm kenal by yani,saya mau nnya z dgn compresor mini seperti paint zoom bisa gag ntk pengecatan yg bagus.??

    BalasHapus
  28. Mas dhony slm kenal by yani,saya mau nnya z dgn compresor mini seperti paint zoom bisa gag ntk pengecatan yg bagus.??

    BalasHapus
  29. Slm knl mas dhony,sy mau nnya dgn compresor paint zoom bisa gag mncat hasil oftimal.

    BalasHapus
  30. Slm knl mas dhony,sy mau nnya dgn compresor paint zoom bisa gag mncat hasil oftimal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kompresor mini kaya gimana dulu. Kalo cuma buat bikin grafis atau airbrush dengan media paintbrush semua bisa.
      kalo buat ngecet yang pake spraygun usahain kompresor 3/4 hp ke atas. yang ada tabungnya bisa mati sendiri kalo isi angin udah penuh

      Hapus
  31. saya gagal di pernish nya mas , terdapat kulit jeruk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Faktor 1. Kurang encer
      faktor 2. Coba pake angin lebih kenceng
      faktor 3. Hardener terlalu banyak

      Hapus
  32. Mas saya mau cat ulang mobil dgn cat bawaan pabrik, kira kira bisa langsung di amplas 1000 ga ya? Dan baguskah jika pakai pernis sikkens? Atau apa ya yg recomended di harga 1 jt an

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya. Cat bawaan langsung amplas 1000.
      sikken pilihan bagus.

      Hapus
  33. setelah mau naik vernish , apakah cat harus di amplas terlebih dahulu mas ?

    BalasHapus
  34. jangan dikasih tau semuanya,cukup dikit aja mas bagi ilmunya nanti semua orang pada praktek haha, kabuuurrr

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngga ada gunanya ilmu dipendam sendirian. Emas walau tertutup debu tebal tetaplah emas. Jangan takut tersaingi

      Hapus
  35. Izin copast gan,, buat arsip pribadi. .

    BalasHapus
  36. Gan kompressor paling murah brpan gan..?
    Ane mau ngecat pintu.

    BalasHapus
  37. Gan kompressor paling murah brpan gan..?
    Ane mau ngecat pintu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1.3 sudah termasuk selang dan spraygun. Untuk ukuran 3/4

      Hapus
  38. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  39. kalo pernisnya hardenernya sama tinner perbandingannya gmana tuh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak macam tergantung dari karakter pernisnya. ada yang 1:4:1, 1:1:0.75, 1:2:0.75.
      (ket: pernis:hardener:tiner)

      Hapus
  40. Misi bos min. Mau nanya. Kalo buat motor cat yg paling bagus tu merk ap? Yg gak cepet pudar? Sama pernis nya yg paling bagus merk ap? Makasih bos min

    BalasHapus
  41. mas mau nanya ni kok sprey saya bnyak angin keluar dari pada cat nya...tlng ni mas gimana solusi nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Solusi :
      1. Belajar seting spraygun
      2. Lihat apa cet kekentelan

      Hapus
  42. mas mau nanya ni kok sprey saya bnyak angin keluar dari pada cat nya...tlng ni mas gimana solusi nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Solusi :1. Belajar seting spraygun2. Lihat apa cet kekentelan

      Hapus
  43. Yang nggak mau repot repot , pesen saja di Zikri Tehnik ,telp / WA 085718375343 - 085715060688 ,http://zikritehnik.weebly.com

    BalasHapus
  44. Gan,, kalu mini kompresor dengan kekutan 100 psi bisa ga buat ngecat pake spray gun? Truss untuk spray gun nya sendiri gimana cara menentukan speknya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Utk mini minimal 3/4pk , harus punya tabung yang bisa simpan angin.

      Hapus
  45. numpang tanya mas. tau jenis cat yg kuat/tidak mudah nglotok tanpa dasaran poxy. selama ini saya penasaran dengan kekuatan cat pada spare part atau barang ori sejenis selenoid. yg tanpa dasaran poxy.

    BalasHapus
  46. numpang tanya mas. tau jenis cat yg kuat/tidak mudah nglotok tanpa dasaran poxy. selama ini saya penasaran dengan kekuatan cat pada spare part atau barang ori sejenis selenoid. yg tanpa dasaran poxy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jenis cet awet kuat itu yang jenis pu.
      timpa lagi pake clear yang jenis pu juga sampe tinernya.
      intinya semua usahakan sejenis.
      clear awet lagi biar antigores lebih main pake merk sikkens/spieshacker/glasurit
      untuk tingkat menengah / kebawah pake aja galaxy/blinken/autoglow

      Hapus
    2. mas kalo buat ngecat motor berbahan plastik abs sperti spatbor belakang yg blm ke cat di dealer nya, cara ngecat nya gimna..?
      saya gagal terus pas ngecat spatbor belakang ninin saya, cat ngelupas sperti lapisan karet & berminyak sampe gk nempel cat tersebut.
      padahal udah di cuci pke sabun colek/amplas 1000 & di epoxy, tapi 2 kali gagal gk hasil.
      tolong tutorial nya yh mas dhony proses pengecatan spatbor yg berbahan plastik ABS.
      tolong bales.
      terimakasih :-)

      Hapus
    3. spakbor belakang itu bukan abs.
      kalo mau awet banget
      cara 1 :
      amplas 1000, semprot pp primer , diemin semalem , amplas 1000, naik poxy , diemin seharian , amplas 400(kalo kasar) amplas 1000 , naik cet , clear

      paket hemat:
      amplas 400 , naik poxy , diemin semalem , amplas 400,800,1000 , naik cet , clear

      Hapus
  47. bisa add 540dfa13 om doni.. sy mau sharing soal kompressor dan cara ngecat yg hasil bagus. mkasih

    BalasHapus
  48. Gan saya mau bli kompresor, klo untuk ngecat bagusan mana kompresor oil less(tanpa oli) atau kompresor dengan oli...? Krn liat di situs jualan hrgnya g terlalu jauh bedany. Dan lbh tahan lm mana untuk jangka panjangny. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. rata rata kompresor pakai oli.
      udah gitu aja.

      Hapus
  49. bagus gan postingannya bermanfaat :D

    BalasHapus
  50. Om d0n,,, klo body motor udah prnah dipake cat pylox kalengan itu, trus mw ngcet pke spray gun kata'na psti ngangkat yaa cat yg pylox. Cara'na biar gk ngangkat N awet gmna 0m d0n

    BalasHapus
    Balasan
    1. amplas rata telaten sampe bener bener tipis keset. poxy tebal 2 sampai 3 lapis.
      kering 1 hari diatas 24 jam
      baru naik cat

      Hapus
  51. Minta saran Mas,saya udah clear ulang spakbor motor,tapi kok pada bolong" clearnya.cara nanggulanginya gimana ya?
    Maturnuwun.

    BalasHapus
  52. Minta saran Mas,saya udah clear ulang spakbor motor,tapi kok pada bolong" clearnya.cara nanggulanginya gimana ya?
    Maturnuwun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. amplas ulang.
      pastiin kekentelan clear sesuai hardener, tiner & clearnya

      Hapus
  53. Mas kompresor mini kaya gambar di awal penjelasan tadi brp harganya ??

    BalasHapus
  54. mas ada no hp nya kah,biar bisa curhat masalah duco dan air brush /pin bbm

    BalasHapus
  55. gan kalo cat bawaan pabrik gausah pake epoxy? langsung cat n clear? ane mau cat body motor dr merah (bawaan pabrik) ke warna ungu, oiya apakah harus pake warna dasar? seperti warna telur asin langsung naik ke cat utama baru clear?

    mohon penjelasannya
    terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo cat bawaan body masih halus tidak perlu pakai epoxy. cukup amplas halus 1000 dengan air sabun bilas bisa langsung naik cat.
      cat dasar hanya diperlukan untuk membuat warna yangpaten sesuai.
      kalau warna hitam biasanya tidak perlu dasar.
      berbeda dengan warna putih, untuk menghasilkan putih sempurna diperlukan cat dasaran warna hitam.
      untuk warna lainnya bisa pakai dasar putih.
      tergantung kebutuhan.
      misal silver, gold. warna tsb untuk membuat hasil maroon

      Hapus
  56. Om kira kira klo kompresor pelek palang dpan blakang brpa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. rata rata tarif jkt 300-350rb tergantung kondisi velg dan bahan yang digunakan

      Hapus
  57. Mas, kalau objek sudah naik warna dan kering, terus diamplas dulu sebelun naik pernis bisa ga ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa. akan menghasilkan hasil yang lebih halus dan sempurna kinclongnya waktu naik ke pernish.
      namun hanya untuk cat dengan pure warna solid seperti merah biru hitam dsb.
      untuk warna tertentu bisa bisa malah akan memudar atau menguning. seperti warna putih ada baiknya tidak diamplas karena proses amplas yang menggunakan sabun malah menjadikannya kekuning kungingan.
      atau warna seperti bunglon dan lembayung malah tidak menyala nanti efek bunglon dan lembayungnya.
      untuk cat solid yang warna padat tidak masalah melakukan amplas halus 1500-2000 sebelum proses clear coat

      Hapus
  58. Mas kalo pakai kompresor 250 psi apa bisa buat cat bodi motor

    BalasHapus
  59. Mas kalo pakai kompresor 250 psi apa bisa buat cat bodi motor

    BalasHapus
  60. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  61. Thx info'x,,
    Mau nanya kalau Kompresor mini ga ad tabung'x bisa ga pake Spray Gun utk ngecat Bodi" motor...
    .
    Thx, Salam dari Jayapura

    BalasHapus
    Balasan
    1. jawabannya tidak bisa.
      alasannya angin bisa saja kuat tetapi tidak ada power otomatis akan menyebabkan meledugnya kompresor / bocor pada selang.
      mini kompresor tidak bertabung hanya digunakanpada metode airbrush saja untuk detail yang sangat kecil.
      untuk spraygun usahakan minimal kompresor 750hp. lebihnya lebih bagus.
      spraugun akan memakan banyak angin.

      Hapus
    2. Oh iya yh,,,
      Thx atas info'x yh...
      Zy sangat terbantu sekali dgn Penjelasan'x

      Hapus
  62. Gan mau nanya nih.. Kalo mau ngecet dasbor mtor yg item itu gimana gan? Agar hasilnya bagus.. ? Tolong gan saran nya..

    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. repot: pp primer plastik - amplas halus - poxy tebal 2-3 lapis - amplas 400 lalu 800 lalu 1000 - naik cat - clear coat

      agak repot : sama spt langkah atas tapi tdk memakai pp primer.

      tdk repot : beli dasbor baru.

      Hapus
    2. Artikel bagus mas don, menginspirasi sangat.
      Tapi maksudnya pp plastik iku gimana ya?? Maaf pemula

      Hapus
  63. Om tolong kasih solusinya
    Ini saya grafis motor sendiri,nah setelah saya pernis (kering) saya gosok trus compound untuk pertemuan warnanya supaya halus/rata habis itu saya pernis lagi kok terangkat ya catnya/retak2.
    Itu gmn om solusinya,terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara paling amannya gunakan jenis clear yang sama. utk awal perlu pengkabutan. jgn langsung basah. kental lebih ok dengan metode acak ibarat kulit jeruk. habis dirasa agak kering mungkin pakai feeling aja. jgn kering banget. bari tiban agak enceran.

      nb: hati hati komponnya. klo bisa beneran gaada sebelum proses niban clear. cara lainnya bisa tuang tiner ke kain lap jgn terlalu basah. lalu di lap ke body yg kena kompon/minyak/dsb.

      Hapus
  64. menarik infonya
    cek juga http://www.ahlibeton.co.id/2015/09/floor-hardener.html

    BalasHapus
  65. Mas doni. Saya mau tanya kalau spray gun berapa psi minimal tekanan anginnya.kalau pain brush berapa psi. Thanks

    BalasHapus
  66. Mas doni. Saya mau tanya kalau spray gun berapa psi minimal tekanan anginnya.kalau pain brush berapa psi. Thanks

    BalasHapus
  67. mas me nanya saya ada kompresor 1/2 hp listrik merek shark aplikasi gan pake ukuran yang berapa ya biar hasilnya halus..
    makasih

    BalasHapus
  68. Om mau nanya,ane newbie juga maslah ngecat,bisa kasih penjelasan g om perbandingannya itu pake apa,kayak 1:1 atau 1: 1.5 takarannya pake apa ya? Makasi om

    BalasHapus
    Balasan
    1. ibarat 2 gelas yg sama.
      1:1 = 1 gelas cat & 1 gelas thiner
      1:1.4 = 1 gelas cat & 1/4 gelas tiner
      pernis 1:1:1.4 = 1 gelas clear & 1 gelas tiner & 1/4 gelas hardener
      1:2 = 1 gelas cat & 2 gelas tiner.
      dst

      Hapus
  69. mas cara memilih spraygun yang cocok buat kompresor mini gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. merk
      2. kebutuhan. ex: f75 disarankan utk pemula

      Hapus
  70. mas cara memilih spraygun yang cocok buat kompresor mini gimana?

    BalasHapus
  71. mas cara memilih spraygun yang cocok buat kompresor mini gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. merk & review.
      gunakan tipe k3 / r3. tidak boros angin

      Hapus
  72. Gan kalo saya mau ngecat body motor pake alat namanya Paint Zoom itu bagus ga ya? Oh ya nama forumnya di sosmed yg mengenai airbrush atau pengecatan kendaraan itu namanya apa ya? Biar bisa tanya tanya di sana juga

    BalasHapus
  73. mas. bisa gak kompresor 0.75 hp untuk spraygun?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa. yg penting ada tabung mati otomatis biar ga meledak.

      Hapus
  74. mas gue mau tanya cat yg bagus untuk motor tu apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nippon, penta, duppon, spieshacker. terserah. yang penting tipe nc / pu.
      asal jangan cat tembok / minyak

      Hapus
  75. mas dhony kalu pake kompresor yg 2hp kuat gak? bnyk yg bilang kalu pake kompresor mini hasil kurang bgs, kalu untuk merk bagus multipro atau shark? mohon infonya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. kuat. yang penting ada tabung mati otomatis biar ga meledak.
      hasil bagus itu dari orangnya.
      kompresor hanya alat bantu pemecah angin sesuai kebutuhan.
      dua duanya bagus, selebihnya lihat spesifikasinya

      Hapus
  76. Mas dony ,,, saya msh bingung di pearbandingan / pencampuran antara pernis,cat & tiner nya ,,, itu utk dasar apa gmna ,,,
    Trs di pewarnaan finishing nya apa di lapisi pake pernis ,,,?

    BalasHapus
  77. Mas klo ngecat mobil menggunakan paint zoom..bagus atau tidak

    BalasHapus
  78. Bang mau tannya kemarin saya ngecat body mottor warna hitam metalik awalnya berjalan ancar namun pas pinisingpakai pernis ko malah jadi warna biru dongker ya? Apa uyang salah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. spraygun blm dibersihkan tiner / pernis terkontaminasi warna lain.

      Hapus
  79. Bos min . Sya maw nanyak knpa yaa slagi udah di.vernish trus di.diem 3-4 jam kok ada bintik* hampir kseluruhan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kyknya tekanan angin perlu d tambah

      Hapus
    2. pakai apa? blinken?
      biasa hal tsb terjadi pada blinken.
      solusinya ganti merk lain.
      gelembung terjadi apabila media blm kering atau tercampur air atau minyak. dan terjadi karna adanya udara yang terperangkap didalamnya. selanjutnya masalah penerapan pencampuran pernis dan hardener yang salah.

      Hapus
  80. Mas, mau ngecat pager kompresor 0,75 bisa lancar tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Doni sy butuh sekali info ilmu dri kmu tentang pengecetan
      Mungkin kita bisa lanjut d WA
      Ini no wa sy 0822 5982 0538
      Sapa sy di wa eee... butuh skali info dri kw

      Hapus
  81. Jual Airman Kompresor Harga distributor Murah Termurah

    RAGS Machinery menyediakan produk berkualitas untuk memenuhi kebutuhan proyek anda.

    Kami bergerak di bidang sales dan rental airman kompresor, genset, pompa kodok, forklift dan boom lift. Untuk pemesanan silahkan hubungi 0857 7959 8752 atau kunjungi website kami www.ragsmachinery.com

    #ragsmachinery #airman #airmankompresor #airmangenset #jualkompresor #jualgenset #rentalkompresor #rentalgenset #pompakodok #xcmgtrailerpump #jakarta #indonesia #kontraktor #tambang #pln

    BalasHapus
  82. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  83. Mas, mau nanya...
    Spek minimal kompresor dan tabung untuk cat mobil gmn?apa bisa 3/4 dan tabung kecil?ngaruh ga ke hasil cat?
    trimakasih info nya mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. utk mobil usahakan kompresor besar saja sekalian kaya yang di tukang tambal ban..

      pengaruhnya kalo kompresor kecil cape bolak balik isi angin. pengerjaan jadi lama

      Hapus
    2. Ok mas..makasih infonya ya mas

      Hapus
  84. Om,mo tanya nich..apa bisa plastic prime diganti clear spray untuk perekat cat pada body motor berjenis kulit jeruk...

    BalasHapus
  85. Om,mo tanya nich..apa bisa plastic prime diganti clear spray untuk perekat cat pada body motor berjenis kulit jeruk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa, abis itu amplas.
      cmn makan biaya dan waktu karna lama kering

      Hapus
  86. Gan kalau kompresor mini meiji pt 888 praygun f65 itu bisa buat cat motor.atau paint zoom gan??
    apa hasil ya seperti kompresor yang besar...

    BalasHapus
  87. Gan kalau kompresor 1/4 atau 0,25 bisa atau tidak buat ngecat motor. Karena kalau yang 3/4 listrik di rumah tidak cukup.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 0.25 yg kecil bgt gaada otomatis angin penuh ya? bs hanya utk airbrush buat pola pola. kalau memakai penbrush media besar tdk kuat

      Hapus
    2. Rencana mau beli kompresor Lakoni Monza 0.25-M SPR 1/4 HP Belt Listrik, secara spesifikasi diatas kertas dengan tabung 32 liter dan daya listrik 175 watt, dan sepertinya ada otomatis penuh gan. Bagimana, apakah type kompresor itu cukup atau masih kurang kalau hanya sekdar mengecat biasa, sesekali mengcat motor.

      Hapus
  88. Bos ada wa,saya nak nanyak

    BalasHapus
  89. Urutan catnya apakah seperti ini bang

    1.cat dasar
    2.cat warna
    3.cat anti gores
    4.cat clear

    Apakah seperti itu bang?3

    BalasHapus
  90. Menarik dan informatif artikelnya .... Terimakasih

    BalasHapus
  91. Bos saya mau brtnya klo karpet di cat bagus gak mnggunakan kompresor. Butuh jwabn

    BalasHapus
  92. bang dony saya mau tanya ? tapi di luar tema .. hehe saya mau beli kompressor merk prohex 0.65HP itu teganggan listriknya berapa ya ? kuat ga ke daya listrik 900wat dan pasti bisa gak untuk cat body motor / airbrush? terimakasih

    BalasHapus
  93. Mau tanya ni gan mini kompresor merek h&l apakah bisa menggunakan spraygun...kan soalnya tabungnya kecil mohon di jawab

    BalasHapus
  94. Kalo milih cat yang bagus itu bagaimana mas?.

    BalasHapus
  95. mantaf gan infirasi yang bagus trimakasih
    http://www.talyaflorist.com

    BalasHapus
  96. Kompresor bensin yg 1/4 pk/(1 piston) itu bisa gax gan pake ngecat motor?? Trus speck spray gun yg type brapa yg pas klo kompresor ukuran 1/4 pk

    BalasHapus
  97. Gan mau tanya...kompresor 0.75 bagusnya pake spray gun merek apa fan nozlle brp...makasih bang...

    BalasHapus
  98. Makasih om. Ini sangat bermanfaat, rencananya juga mau ngecat pake kompresor, tapi asli blm ada pengalaman, ini baru mau terjun bebas aja dulu, yg penting usahalah dulu, klo hasil no2.
    Makasih mas buat postingan nya, sangat membantu.

    BalasHapus
  99. Bro mau tanya kalo cat silver perlu di saring ga sih..

    BalasHapus
  100. Gan mnta rekomendasinya dong
    Kompresor sama spray gun yg bagus merk apa ya?? Sama versi thiner yg bagus??

    BalasHapus
  101. Mau tanya kompressor dan spraygun yg cocok untuk mengecat kayu itu pake kompresor berapa psi? Dan hp berapa? Serta spray gun yg baik itu yg gimana??

    BalasHapus
  102. Om mau nanya nih semisalkan body dicat pake kompresor terus di clear/dipernis menggunakan pilok apakah ngaruh ke hasilnya..?
    Tolong min dijawab

    BalasHapus