Sabtu, 02 Mei 2015

DEPRESI



Image result for depresi


   Setiap orang mungkin pernah mengalami kondisi dimana dirinya  sangat sedih, tertekan, bahkan tak berguna. Perasaan tersebut bisa muncul dengan jangka waktu yang berbeda-beda, ada yang hanya sebentar, sampai berminggu, bulan, tahun bahkan seterusnya. Hal  tersebut dipengaruhi oleh kondisi kejiwaan hingga lingkungan tempat tinggal orang tersebut.

   Suasana hati yang buruk dan berlangsung selama kurun waktu tertentu dinamakan "DEPRESI". Ketika seseorang mengalami depresi, Ia akan merasa sedih berkepanjangan, putus harapan, tidak punya motivasi untuk beraktivitas, kehilangan ketertarikan pada hal-hal yang dulunya menghibur, dan menyalahkan diri sendiri.

   Sebagian orang menganggap  bahwa depresi adalah hal yang biasa, hal yang akan berlalu dengan sendirinya. Salah, ternyata depresi adalah penyakit yang bukan hanya mengubah emosi sementara, hal tersebut dapat berulang ulang dan seringkali mengubah pandangan hidup dari orang yang menderitanya. Depresi tidak dapat dengan cepat dan secara langsung yang begitu saja.

   Penyebab dari depresi itu susah didefinisikan, jika dari ada seseorang dari keluarga si penderita yang mengalami hal serupa, maka tidak dapat dipungkiri hal tersebut adalah faktor keturunan, tapi hal tersebut tidak sangat meyakinkan, tergantung kondisi dari lingkungan sang penderita tersebut. Selain faktor tersebut, depresi dapat juga terjadi akibat kejadian tragis yang dialami oleh penderita seperti kehilangan seseorang, masalah keuangan, trauma, hingga faktor obat obatan yang melebihi dosis.

   Akibat dari depresi ada banyak, bisa kehilangan nafsu sama sekali dalam melakukan apapun hingga kedalam sesuatu yang dia sukai atau kepada orang yang dicintainya. Pandangan matanya akan terasa hampa dan menganggap bahwa dirinya tidak berarti apa-apa terhadap segalanya.

   Penderita depresi yang berkepanjangan sangat berbahaya, hal tersebut bisa mengakibatkan perasaan tidak percaya diri, merasa sangat bersalah, sering marah marah, cemas, gelisah, atau hilangnya ketenangan hidup. Jika kejadian seperti ini sudah sering berlalu, tujuan bunuh diri atau mengakhiri hidupnya sering bermunculan dengan sendirinya.

   Banyak hal yang dapat dilakukan untuk melakukan terapi penyembuhan dalam keadaan depresi, yang paling penting adalah dukungan dari orang lain kepada orang tersebut, buat dirinya berarti didekat anda, puji ia setiap saat hingga merasakan kebahagiaan. Sering olahraga akan merrubah pola segalanya semakin baik, kondisi jantung akan makin baik dan teratur hingga emosi tidak cepat naik turun, selanjutnya jangan minum minuman beralkohol yang dapat meningkatkan khayalan tinggi. Penggunaan obat anti depresan juga diperbolehkan, tetapi ingat dengan dosis yang diberikan dan jangan terlalu kecanduan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar