Jumat, 01 Mei 2015

HARI PENDIDIKAN NASIONAL



Image result for hari pendidikan

   Hari Pendidikan Nasional? Apa sih yang terlintas di pikiran kalian ketika mendengar kalimat atau ucapan Hari Pendidikan Nasional? Ya tentu saja hari itu adalah hari spesial dimana masyarakat indonesia memperingati tokoh pelopor pendidikan di Indonesia ini.

   Kapan adanya Hari Pendidikan Nasional? Hari Pendidikan Nasional jatuh pada tanggal 2 Mei setiap Tahunnya, lalu mengapa hari tersebut dijadikan sebagai Hari Pendidikan Nasional di Indonesia? Setelah melihat sejarah sejarahnya, ternyata pada tanggal tersebut adalah hari dimana bapak pendidikan kita lahir loh. Ya! pada waktu masa masa sekolah hingga sekarang kita pasti mengenal tokoh yang bernama Ki Hajar Dewantara. Beliau dikenal dengan tokoh pelopornya pendidikan di Indonesia. Ia pula yang mendirikan lembaga pendidikan yang dikenal dengan Taman Siswa. Jadi, mengapa tanggal 2 Mei dikenal dengan hari pendidikan, karena hari tersebut adalah hari kelahiran bapak pendidikan kita.

   Diselenggarakannya Hari Pendidikan Indonesia diharapkan dapat menjadi tonggak untuk Indonesia yang lebih maju tentunya, selain itu program-program dari pemerintah seperti wajib belajar hingga Sekolah Menengah Atas dapat membuat keringanan serta menuju masyarakat cerdas yang merata.

   Pada kenyataannya, Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei bukanlah hari libur nasional, tetapi Hari Pendidikan Nasional dirayakan secara luas di Indonesia. Perayaannya biasanya ditandai dengan pelaksanaan upacara bendera di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi, dari tingkat kecamatan hingga pusat, disertai dengan penyampaian pidato bertema pendidikan oleh pemimpin-pemiimpin yang berkaitan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar