TELEMATIKA?
What (Apa Itu Telematika?)
Telematika
adalah sarana komunikasi jarak jauh melalui media elektronik.
Telematika
berasal dari bahasa Perancis yaitu “Telematique” (dipopulerkan pertama
kali pada tahun 1978 oleh Simon Nora dan Alain Minc dalam bukunya yang
berjudul L'informatisation de la Societe).
Istilah
telematika merujuk pada perkembangan konvergensi antara teknologi
telekomunikasi, media, dan informatika yang semula masing-masing berkembang
secara terpisah. Konvergensi telematika kemudian dipahami sebagai sistem
elektronik berbasiskan digital atau the net oleh MK. Hukum Telematika FH UI.
Menurut
Kerangka Kebijakan Pengembangan dan Pendayagunaan Telematika di Indonesia
Teknologi Telematika merupakan singkatan dari teknologi komunikasi, media, dan
Informatika. Senada dengan pendapat pemerintah, TELEMATIKA diartikan sebagai
singkatan dari TELE= telekomunikasi, MA = multimedia, dan TIKA =informatika.
Telematika
berarti perpaduan atau pembauran (konvergensi) antara teknologi informasi
(teknologi komputer), teknologi telekomunikasi, termasuk siaran radio maupun
televisi dan multimedia.
When (Kapan Telematika Digunakan?)
Telematika
digunakan setiap waktu, karena kebutuhan akan informasi yang selalu
berubah-ubah dan up to date setiap waktunya.
Who
(Siapa Yang Menggunakan Telematika?)
Semua kegiatan dengan istilah work and play dapat
menggunakan telematika sebagai penunjang kinerja usaha semua usaha dalam semua
sektor, sosial, ekonomi dan budaya. Bentuk-bentuk tersebut adalah:
1. E-government
E-goverment dihadirkan dengan maksud
untuk administrasi pemerintahan secara elektronik. E-goverment
juga dimaksudkan untuk peningkatan interaksi, tidak hanya antara pemerintah dan
masyarakat, tetapi juga antar sesama unsur pemerintah dalam lingkup nasional,
bahkan internasional. Pemerintahan tingkat provinsi sampai kabupaten kota,
telah memiliki situs secara online. Contoh Aplikasinya adalah Layanan Kependudukan,
Catatan Sipil, SIM, dll.
2. E-commerce
Semua proses transaksi
perdagangan dilakukan secara elektronik. Mulai dari memasang iklan pada
berbagai situs atau web, membuat pesanan atau kontrak, mentransfer uang,
mengirim dokumen, samapi membuat claim. Contoh Aplikasinya adalah toko online,
baik itu toko buku, pabrik, kantor, dan bank (e-banking).
3. E-learning
Pendidikan terbuka dengan modus
belajar jarah jauh (distance lesrning) dengan media berbasis web atau situs. Kenyataan
tersebut dapat dimungkinkan dengan adanya tekhnologi telematika, yang dapat
menghubungkan guru dengan muridnya, dan mahasiswa dengan dosennya.
4. Pendukung/perangkat
apa saja yang digunakan dalam telematika
Interface
dalam telematika meliputi banyak hal,salah satu nya adalah video conference,
Layanan video conference merupakan layanan komunikasi yang melibatkan video dan
audio secara real time. Salah satu fitur yang terdapat pada interface
telematika seperti : Aplikasi Berbasis Web (berteknologi internet) yang tidak
perlu diinstall di setiap client dan bisa jalan di sistem operasi apapun (Open
System). Interface dalam telematika meliputi banyak hal,salah satu nya adalah
video conference, Layanan video conference merupakan layanan komunikasi yang
melibatkan video dan audio secara real time. Teknologi yang digunakan untuk
layanan video conference komersial pada awalnya dikembangkan di atas platform
ISDN (Integrated Switch Digital Network) dengan standar H.320.
Why (Mengapa Telematika Digunakan?)
Mengacu
kepada penggunaan dikalangan masyaratkat telematika Indonesia (MASTEL),
Telematika berarti perpaduan atau pembauran (konvergensi) antara teknologi
informasi (teknologi komputer), teknologi komunikasi, termasuk siaran radio
maupun televisi dan multimedia. Secara umum, istilah telematika dipakai juga
untuk teknologi Sistem Navigasi / Penempatan Global atau GPS (Global
Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi
komunikasi berpindah (mobile communication technology). Secara lebih spesifik,
istilah telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan lalu lintas (road
vechiles dan vechile telematics)
How (Bagaimana Istilah Telematika di Indonesia Digunakan?)
Sejak
AS, sebagai negara yang paling awal mempunyai inisiatif dalam pembangunan
superhighways informasi, meluncurkan The National Infrastructure
Information-nya pada tahun 1991, banyak negara industri lainnya mengikutinya.
Bulan Februari 1996 Inggris dan Jerman memperkenalkan kebijakan-kebijakan
superhighways informasi mereka, yaitu The Information Society Initiative di
Inggris dan program The Info 2000 di Jerman. Tak lama
kemudian di tahun 1996, negara di Asia Tengah mengikutinya, seperti Filipina
dengan Tiger, Malaysia dengan Multimedia Super Corridor (MSC) dan Singapura
dengan Singapore-ONE. Dan di tahun 1997 Indonesia meluncurkan kebijakan
superhighways informasi dengan nama Nusantara 21.
Cikal bakal Laboratorium Telematika
berawal pada tahun 1960-an. Sempat berganti-ganti nama mulai dari Laboratorium
Switching lalu Laboratorium Telekomunikasi Listrik. Seiring perjalanan waktu
dan tajamnya visi para pendiri, pada tahun 1978 dilakukan lagi perubahan nama
menjadi Laboratorium Telematika. Ketika itu, nama Telematika tidak sepopuler
seperti sekarang. Pada tahun 1978 itulah, di Indonesia, istilah Telematika
pertama kali dipakai. Para praktisi mengatakan bahwa TELEMATICS merupakan
perpaduan dari dua kata yaitu dari “TELECOMMUNICATION and INFORMATICS” yang
merupakan perpaduan konsep Computing and Communication. Istilah telematika juga
dikenal sebagai “the new hybrid technology” karena lahir dari perkembangan
teknologi digital. Dalam wikipedia disebutkan bahwa Telematics juga sering
disebut dengan ICT (Information and Communications Technology).
Daftar Pustaka:
[1] Karmilasari, Pengantar Telematika http://karmila.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/15747/Tayangan+Peng-Telematika.pdf. Diunduh
pada tanggal: 17 Oktober 2016.
[2] Dirgantara
Wicaksono, 2010, Perkembangan Telematika
di Indonesia, http://www.gudangmateri.com/2010/08/perkembangan-telematika-di-indonesia.html. Diunduh pada tanggal: 17 Oktober 2016.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar