Minggu, 10 Januari 2016

TUGAS 6 BAHASA INDONESIA 1: ANALISA PEMROGRAMAN

Image result for coding


   Terdapat istilah struktur program dalam proses analisa pemrograman. Struktur program tersebut merupakan urutan dan aturan dalam penulisan badan program. Penulisan badan program dikatakan tepat apabila telah mengikuti aturan yang berlaku. Aturan-aturan badan program tersebut meliputi penggunaan huruf kapital, penempatan tanda baca, serta pembedaan variable huruf dan angka. Kesalahan penulisan badan program mengakibatkan program tidak berjalan. Artinya, ketelitian penulisan berperan penting dalam pembuatan suatu program.

   Analisa pemrograman mempunyai hubungan dengan bahasa pemrograman. Menurut Binanto (2009), “Bahasa pemrograman  memungkinkan programmer menentukan data mana yang akan diproses, selanjutnya adalah bagaimana pengambilan keputusan dalam situasi tertentu”. Bahasa pemrograman merupakan suatu aturan untuk mendefinisikan kode program. Bahasa pemrograman tersebut memerintahkan komputer untuk mengolah data sesuai dengan logika manusia. Dengan adanya logika program, data dapat diproses untuk mendapatkan informasi. Output bahasa pemrograman berbentuk program atau aplikasi.

   Dalam pembuatan program, programmer menggunakan alat bantu. Alat bantu tersebut berupa flowchart. Flowchart adalah suatu metode penggambaran alur dari logika yang diterapkan pada sebuah algoritma. Penggambaran flowchart dapat berupa prosedur dan pertanyaan nilai kebenaran. Dengan adanya flowchart, programmer lebih mudah menyelesaikan suatu masalah.


Daftar Pustaka:
Binanto. 2009. Pengertian Program. http://artikel2.com/pengertian-program. Diunduh tanggal 10 Januari 2016.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar