Senin, 11 Januari 2016

TUGAS 7 BAHASA INDONESIA 1: PASAR KERJA LULUSAN SI DI INDONESIA

Image result for need work

   Pasar kerja pada bidang ilmu komputer sangat luas. Hal tersebut dibuktikan dari banyaknya perusahaan yang membutuhkan ahli komputer. Ahli komputer dibutuhkan sebagai operator penyimpanan basis data dan jaringan perusahaan. Kesalahan dalam penyimpanan basis data dapat menyebabkan kerugian pada perusahaan. Artinya, ketelitian dalam penyimpanan basis data berperan penting dalam menjaga kualitas perusahaan.

   Salah satu jurusan dari ilmu komputer adalah sistem informasi. Terdapat dua faktor utama dalam pengembangan bisnis sistem informasi. Faktor tersebut meliputi masalah infrastruktur dan sumber daya manusia. Lemahnya infrastruktur dan kurangnya sumber daya manusia merupakan penyebab lambatnya perkembangan bisnis sistem informasi di Indonesia. Hal tersebut bukan berarti Indonesia tidak memiliki sumber daya manusia yang baik. Buktinya, banyak tokoh dari Indonesia sukses mewakili acara debat tingkat internasional.

   Menurut Tutang (2013), “Hambatan pekerja sistem informasi di Indonesia adalah mahalnya pelatihan sertifikasi internasional. Sertifikasi internasional dapat menjadi nilai lebih dalam perusahaan. Tidak jarang pekerja yang memiliki serifikat internasional lebih diprioritaskan. Namun, tetap diperlukan gelar sarjana sebagai syarat utamanya”. Proses perekrutan internasional sering mensyaratkan tersedianya sertifikasi keahlian tertentu. Hal tersebut menyebabkan pekerja harus lebih giat berlatih untuk mendapatkan sertifikat internasional.

   Kebutuhan tenaga kerja ilmu komputer bukan untuk perusahaan saja, tetapi juga untuk memperkuat lembaga pemerintah. Kebutuhan tenaga kerja ilmu komputer tersebut dapat bertambah kuat ketika hubungan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah berjalan dengan baik. "Diperkirakan instansi pemerintah setiap tahunnya membutuhkan tenaga ilmu komputer sebanyak 5.489 orang. Sementara untuk cybermedia tidak kurang dari 1.921 media, dengan perkiraan satu media membutuhkan 21 orang ahli" (Tutang, 2013).


Daftar Pustaka:
Tutang. 2013. Penghasilan Tenaga IT. http://www.ristek.go.id/index.php/module/News+News/id/13267/print. Diunduh tanggal 11 Januari 2016.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar