Minggu, 23 November 2014

ARTI PENTING ORGANISASI DALAM BERMASYARAKAT

    Organisasi adalah perkumpulan atau wadah bagi sekelompok orang untuk bekerjasama, terkendali dan terpimpin untuk tujuan tertentu. Tanpa adanya organisasi,  kesulitan untuk melaksanakan suatu kerjasama takkan terhindari. Hal itu dikarenakan setiap orang tidak  akan mengetahui bagaimana cara bekejasama dalam sebuah organisasi tersebut.

    Dalam berorganisasi, setiap individu biasanya dapat berinteraksi  dengan semua struktur yang terkait, baik itu secara langsung maupun tidak langsung  kepada organisasi  yang mereka pilih. Agar dapat berinteraksi secara efektif, setiap individu bisa berpartisipasi pada organisasi yang bersangkutan. Dengan berpartisipasi juga setiap individu dapat mengetahui hal-hal apa saja yang harus dilakukan.

    Organisasi mempunyai peran penting dalam menyalurkan aspirasi masyarakat yang diwadahi oleh organisasi masyakarat tersebut. Salah satunya yaitu dapat mengajak masyarakat untuk lebih aktif dalam lingkungan dan kehidupannya. Lalu organisasi bisa sebagai pendukung proses sosialisasi  yang berjalan di sebuah lingkungan bermasyarakat dan merupakan tempat pengontrolan terhadap kebijakan pemerintah yang sedang berjalan, yaitu disebut organisasi  berbasis politik.

   Aneka ragam dalam organisasi tercipta di dalam bermasyarakat, dari ruang lingkup yang besar (terdiri dari banyak orang yang mempunyai tujuan besar) lalu ke ruang lingkup yang kecil (hanya terdiri dari beberapa orang saja yang biasanya baru memiliki tujuan yang relatif  masih sedikit) dan dari yang bersifat positif ataupun negatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar