Minggu, 23 November 2014

KONFLIK DALAM BERORGANISASI

   Jika ada anggota dalam suatu organisasi, pasti juga terdapat beberapa pemikiran dan pendapat yang berbeda pula. Pemikiran dan pendapat yang berbeda itu merupakan pemicu dari adanya sebuah konflik.

   Konflik di latar belakangi oleh adanya perbedaan-perbedaan yang dibawa oleh masing-masing individu. Selanjutnya dari perbedaan itu bisa membicarakan tentang hal yang menyangkut fisik, kepandaian, pengetahuan, adat istiadat, keyakinan, dan lain-lain.

   Dalam organisasi, sering dilihat bahwa banyak konflik yang mengandung unsur negatif. Oleh sebab itu, penanganan  yang dilakukan pun diarahkan kepada tahap penyelesaian. Sebuah realita bahwa konflik merupakan sesuatu yang sulit dihindari karena berkaitan erat dengan proses interaksi manusia. 

   Tidak semua konflik merugikan. Konflik yang ditata dan  dikendalikan dengan baik dapat berujung pada keuntungan organisasi sebagai suatu kesatuan, sebaliknya apabila konflik  tidak ditangani dapat merugikan kepentingan dari organisasi itu sendiri. Pengetahuan yang cukup dan pengalaman yang dilalui juga harus dikembangkan, karena dari itu kita bisa melatih mengambil keputusandari setiap masalah yang ada dan dapat menimbulkan efek postitif bagi pihak dalam maupun pihak masyarakat luar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar