Sabtu, 22 November 2014

TUGAS KULIAH BIKIN FRUSTASI

   Pernah kuliah? Pernah ngerasain kuliah disaat mengerjakan tugas tidak dihargai dosen? sudah mengerjakan panjang lebar dengan pemikiran keras tapi dikembalikan dengan alasan yang sulit untuk dimaafkan? Berarti kita sama!

   Siapa bilang kuliah itu enak, gampang, mudah! Mungkin sebagian dari mereka yang hanya mengejar target ijasah tidak memikirkan hal itu. Mereka yang dilahirkan dengan kehidupan mewah, apa adanya dan berkehidupan cukup akan menganggap semua itu tidak penting. Tapi coba bayangkan yang bersusah payah untuk mendapatkan uang kuliah sehari harinya.

   Kuliah itu tidak mudah, tiada hari tanpa tugas, banyak dosen iseng yang tidak ingin membiarkan mahasiswanya santai untuk sejenak, rata-rata dosen memberikan tugas kepada mahasiswa tanpa mempertimbangkan bahwa ada tugas lain yang bisa dari dalam perkuliahan maupun dari luar perkuliahan yang sedang dijalankannya.

   Artikel ini hanya mengutarakan isi hati saya tentang tugas yang diberikan kepada kami yang saya rasa memang lumayan berat, jangka waktu seminggu dalam perkuliahan saya ada 8 dosen yang mengajar, artinya ada 8 matakuliah yang harus dijalankan. Bayangkan awal masuk ke-8 dosen tersebut memberi tugas dan dikumpulkan di pertemuan berikutnya.

   Setiap orang mempunyai tingkat berpikir dan emosi yang berbeda-beda, ada orang yang hanya mengingat sesuatu yang belum tuntas dikerjakan akan pusing dan terlalu dipikirkan, memang semua dosen memberi tugas dengan tujuan mengasah karakter anak supaya tahan disegala cuaca. *kaya iklan aja

   Memang pembentukan kepribadian itu sangatlah penting bagi kita, tapi jika dikagetkan dengan program yang begitu banyak dan begitu cepat bagaimana si anak bisa berkembang dengan baik, yang ada malah rubuh dan bisa "hang" jika dimasukan "nutrisi" yang berlebihan.

   Artikel ini juga merupakan tugas bagi saya, dalam 1 mata kuliah ini, dosen saya memberi tugas pembuatan artikel sebanyak 15 buah, presentasi dengan penguasaan materi yang baik, serta membuat resume dari presentasi tiap kelompok. Kelompok dalam kelas kami berjumlah 6, dan artinya membuat 6 resume. bayangkan jika itu hanya 1 tugas dari dosen, sisa dosen masih ada 7. Belum ditambah dengan kegiatan lab. Saya membuat artikel ini dikarenakan sudah menulis sebuah artikel yang panjang dan ternyata tak sengaja terhapus dan terkena efek auto save. Muncullah sebuah rasa penyesalan yang membuat saya frustasi dan ingin mencurahkan hati saya.

   Disamping kuliah dengan tugasnya, saya memang mempunyai kegiatan diluar kampus, saya berdagang untuk membantu orang tua mengurangi pengeluaran bulanan kami. Tidak mudah untuk melakukan kegiatan tersebut. Kadang sempat frustasi dan tidak tahu berbuat apa, tapi memang mau tidak mau harus dijalani karena memang apa yang kita mulai adalah pilihan kita untuk sampai garis akhir.

   Demikian pengalaman saya tentang tugas perkuliahan, Para dosen memberi tugas adalah demi kemajuan kita dan semua yang berkaitan dengan nilai positif, tapi alangkah baiknya jika dosen juga memperhitungkan tentang "asupan makanan" dengan mempertimbangkan kondisi mahasiswanya yang juga mempunyai banyak kegiatan diluar sana. Ini hanyalah sebuah curahan hati dari saya, tidak mengandung unsur peperangan dari diri saya. Mohon maaf bila ada kesalahan dari diri saya. Terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar