Selasa, 18 November 2014

TENTANG DOWNLOAD COBOL 64

Hai, sedikit bercerita, saya kuliah di gunadarma depok, waktu itu saya naik kke tingkat 2, yaitu semester 3 tepatnya. Hari pertama masuk, yaitu terdapat pelajaran Teknik Pemrograman Terstruktur. Belum saja akrab dengan teman teman satu kelas, dosen langsung memberi tugas dengan materi Cobol, alhasil dengan ilmu yang kosong, saya panik karena memang belum tahu apa itu Cobol, dan pada akhirnya satu kelas harus mencari tahu sendiri tentang Cobol itu sendiri.

Sampainya dirumah, saya mencari tahu tentang arti cobol, lalu mencari tahu cara menjalankan program programnya, dan ternyata sangatlah susah mencarinnya di mesin pencari untuk tutor penggunaan cobol di win 64, karena  memang kebanyakan dibuat untuk 32. Dan kebanyakan link untuk mendownload isinya aneh aneh, kebanyakan tidak bisa dijalankan.

Keesokan harinya, saya coba kontak rekan rekan saya yang sudah berhasil menjalankan programnya, ternyata perbandingannya sangat sedikit, dari 50 orang yang ada hanya 1 orang yang bisa, dan itu di windows 32bit. Karena makin penasaran saya mencari dan terus mencari program yang benar benar dapat dijalankan, akhirnya saya mendapatkan info dari teman saya bahwa ia dapat link yang benar benar work.

Akhirnya saya ulangi dari awal, penasaran tentang apa arti cobol, saya cari di mesin pencarian dan ternyata muncul bahwa cobol adalah "singkatan dari Common Business Oriented Language, sebuah bahasa pemrograman generasi ketiga. Sesuai dengan namanya, bahasa cobol mempunyai fungsi menyelesaikan masalah-masalah yang berhubungan dengan perdagangan, seperti sistem pengelolaan keuangan, laporan pengeluaran sebuah perusahaan dan lain-lain.

Makin penasaran saya gali terus tentang menjalankan program cobol di windows 64, dan ketemu, pertama kita bisa menggunakan dosbox, lalu cmd, atau programyang sejenisnya. Link untuk mendownload dosbox sudah saya taruh di posisi bawah. Lalu link program Cobolnya juga ada dibawahnya.

Nah untuk membuka cobol melalui dosbox mari ikuti langkah ini, pertama yang jelas instal dulu dosbox dan cobolnya. Lalu buka notepad untuk membuat kodingan. oh iya, penulisan kodingan diawali di kolom 8. Ikuti saja program dibawah yang saya buat, untuk menampilkan kata "Hello World". Jangan lupa tiap akhir diberi tanda titik.


Nah, setelah itu save kodingannya menggunakan nama berbasis .cob, penyimpanannya juga di menu pilihan "all file" dan simpan di file cobolnya.


Lanjut, buka program dosbox, lalu mount file cobol yang kamu simpan. disini saya menyimpan file cobol di drive c.



Maka mountnya seperti screenshot saya dibawah.



Dijelaskan bahwa mount c c:\cobol, kita membuka akses langsung pada file cobolnya, lalu masuk ke c dengan kodingan c: , karena kita sudah mount c:\cobol, maka c: berarti sudah masuk ke file cobolnya.

Langkah selanjutnya mengkompile cobol, dengan mengetikan cobol namaprogram.cob





Lalu untuk menjalankannya ketikan runcob namaprogram.cob



dan outputnya adalah sebagai berikut.


Nah demikian penjelasan untuk menjalankan cobol di 64 bit versi saya, silahkan variasikan sendiri kodingan atau program anda sesuai imajinasi anda, untuk koding kodingannya banyak tutor di mesin pencarian internet, terimakasih, semoga membantu.

silahkan copy link di url anda :

- Dosbox : sourceforge.net/projects/dosbox/files/dosbox/0.74/DOSBox0.74-win32-installer.exe/download

- Cobol : www.mediafire.com/?g1um51rz1nhrrhq





Tidak ada komentar:

Posting Komentar